APP (Arisan Pengabdian Pembangunan)

DSCF0707
Sekitar tahun 1995 Almarhum bapak Suharto, seorang tokoh masyarakat Kauman, memiliki ide untuk menggerakkan dana masyarakat. Berawal dari ide tersebut, APP beliau dirikan dan masih bertahan hingga saat ini yang telah berjalan selama 16 periode. APP memiliki tujuan mengajak masyarakat untuk menabung sekaligus mengumpulkan dana yang nantinya akan digunakan dalam berbagai kegiatan masyarakat juga pembangunan infrastruktur di Kauman. Seperti kegiatan pendidikan / beasiswa, kegiatan peringatan hari – hari besar, pembangunan jalan dan sebagainya. Sehingga penarikan dana dariwarga untuk setiap kegiatan – kegiatan diaKaumantidak diperlukan lagi.
Kepengurusan APP dibentuk antar RW di kauman yang memiliki 4 RW.Dan berkantor di Balai RW. Dalam kepengurusan organisasi terdapat ketua, wakil, sekretaris dan bendahara, begitupula APP. Namun dalam APP terdapat divisi yang membedakan APP dengan organisasi lainnya, yaitu Tim Kolektor. Kolektor bertugas mengumpulkan dana tiap bulan dari warga lalu menyimpannya di jasa penyimpanan atau koperasi yang terpercaya. Tim kolektor sendiri berjumlah 10 orang yang bekerja secara sukarela. Dan setiap kolektor diharuskan rajin dalam menghubungi para anggotanya. Namun, untuk mengantisipasi keterlambatan warga dalam pembayaran, Tim kolektor dimudahkan dengan adanya perkumpulan warga setiap 3 bulam sekali untuk menyetor sekaligus membahas kegiatan – kegiatan masyarakat, baik jangka panjang maupun jangka pendek.
Masyarakat sangat merespon baik dengan adanya APP. Ini dibuktikan pada tahun pertama, masyarakat tidak mempermasalahkan uang setoran yaitu Rp 10.000,- per bulan, yang pada saat itu angka tersebut termasuk tinggi. Bahkan peserta berjumlah kurang lebih 600 orang, yang melampaui target awal yaitu 300 orang saja. Jumlah tersebut masih meningkat seiring berjalannya waktu, hingga jumlah anggota saat ini mencapai 800, dengan uang setoran yang meningkat pula, yaitu Rp 25.000,-.Angka tersebut termasuk jumlah maksimum warga di Kauman. Namun jumlah tersebut masih dapat meningkat, melihattidak sedikit warga diluar daerah yang mengikuti APP dengan persyaratan ada keterkaitan dengan warga Kauman. Misalnya orang yang pernah tinggal di Kauman yang ingin mengikuti kegiatan di Kauman.
Setiap periode terdapat 30 bulan atau 2, 5 tahun dengan penarikan setiap bulannya memperoleh dana kurang lebih Rp 20.000.000,-. Pertengahan bulan menjadi hari penyetoran yang telah ditentukan oleh APP.Setiap bulan, akan diadakan pengundian arisan. Jika setiap anggota menyetor Rp 25.000,-/ bulan, maka uang yang akan diperoleh adalah Rp 750.000,- setiap pengundiannya. Sehingga uang sisa hasil pengurangan antara Rp 20.000.000,- dengan Rp 750.000,- pada setiap bulannya disimpan, dan pada bulan ke-30 akan diadakan “Dudah Tabungan Masal”.
Sudah 16 periode ini, APPmemberikan Bea Siswakepadapelajardanmahasiswa yang berprestasidi Kauman, serta memberibantuanuntukberbagaikegiatan yang diselenggarakanolehdanuntukmasyarakatKauman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *