CATATAN JELANG RAMADHAN

DSCF2905

Beberapa catatan jelang ramadhan atas nama takmir masjid Gede Kauaman yogyakarta adalah hal yang sangat kita syukuri dan sangat kita harapkan. 5 hari kedepan ALLAH SWT berkenan mengulurkan syariat kita menjumpai bulan yang sangat mulia dan yang kita mualaikan Ramadhan. Oleh karna itulah sebagaimana lazhimnya seseorang akan kedatangan tamu tentu perlu bersiap diri.

Ada catatan menarik yang berkaitan dengan Ramadhan 1434 H ini, supaya di antara kita sedikit memahami bahwasannya awal Ramadhan 1434 H sangat di mungkinkan adany perbedaan. Perlu kita memahami ini, supaya kita tidak salah menyikapi perbedaan.

Tentu semua pendapat semua faham masing-masing punya ruju’an yang sah menurut agama. Tetapi bagaimanua umat manusia ini menyikapi perbedaan ini yang sangat menjadi penting sebab kalau kita salah mensikapi maka sekarang ini sudah ada model media yang memanfaatkan.

Biasanya media itu atas dua nama kelompok yang berbeda,dan saling mengadu domba,kalau kemudian di antara dua kelompok itu berdamai-damai saja media tidak menarik. Maka dari itu kita perlu mempelajari mensikapi,supaya kita tidak tervokasi.

Setelah Allah mewajibkan berpuasa, maka kita berpuasalah di bulan Ramadhan. Persoalannya kapan ramadhan di mulai ?” saya percaya pasti kebanyakan dari kita ini,hanya mengikuti ahli-ahli peneliti tentang kapan ramdahan tiba”. Tetapi kita semua tau,bahwasannya tahun ini dan tahun sebelumnya awal ramadhan punya potensi berbeda.berbeda ini perlu saya sampaikan, agar kita tidak menjadi bingung.

Yang pertama berpuasalah kamu bila melihat hilal awal ramadhan.

Yang kedua menghitung dengan hisab, menurut ilmu hisab  bahwa karena istiqma atau konjungsi yang menunjukkan akhir bulan sya’ban itu terjadi pada siang hari, sehingga ketika matahari terbenam beliau sudah ada wujud tetapi masih sangat kecil di bawah 1  untuk wilayah yogyakarta ini.

Ke tiga bagi yang mengikuti rukhyat akan menunggu tanggal 8 hari senin nanti magrib akan mengrim para pemburu hilal. Mereka akan mencari hilal di tempat yang sudah di pelajari, tetapi sudah di pastikan  pada hari senin hilal tersebut tidak bisa di verifikasi dan bisa di pastikan meskipun Departemen agama sudah mempersiapkan tim rukhyat dengan harganya sangat mahal pasti tidak akan melihat bulan kalau masih di bawah  1 derajat. Walaupun di lihat di beberapa tempat, mulai dari makasar, lamongan, suka bumi, pelabuhan ratu,cilegon sampai di pantai aceh akan mengamati pasti semua akan melihat.karena pemalsuan derajat,kenapa Tasbiat harus memastikan.

Apa perhitungan manusia tidak bisa keliru? Insyaalah tidak keliru, jika ALLAH bisa ,mempercepat bulan dan semesta alam dan ini tidak sesuai dengan janji ALLAH. Karena perputarannya sudah bis adi hitung,karna itu sudah janji ALLAH.

Bagi yang khisab hari selasa 1 ramadhan. bagi yang rukhyat 1 bramadhan hari rabu bisa di pahami meskipun nanti ada sidang isbad.sementara ini ada beda pendapat .

Tahun lalu ada sekelompok santri di cakung ada menyatakan melihat Hilal dan kemudian berani di sumpah.saya mengklarifikasi itu, sulit di percaya karena mereka hanya dengan mata telanjang tanpa menggunakan alat apapun sudah bisa melihat. Tapi sudah bisa di pastikan bawha besok ada perbedaan, ada yang puasa hari senin dan ada yang puasa hari rabu, nah ini kita tidak boleh bingung. Insyaallah masjid gede kauman akan mulai puasa  1 Rhamadan hari selasa, beda tidak apa-apa yang tidak boleh saling mengecam,mencaci maki di antara kita .

insyallah besok jumat ini akan di launchingkan gerakan membersihkan istana ALLAH  supaya bulan ramadhan itu tidak hanya bersih di hati, tapi bersih  di lingkungan. Selain itu ke masjid kauman memiliki agenda lainnya di antaranya kuliah dhuha,Takjilan,trawih,tadarus,dan kita bisa mendengarkan siaran ulang lewat Radio Saka fm Pancaran Silahturahmi warga dari kauman untuk semua dan masih banyak lagi agenda yang akan di laksanakan di bulan ramadhan ini di masjid Gede kauman. Dan  kita mantab akan melakukan awal puasa pada hari selasa dan  senin malam melakukan terawih bersama.

Berbeda tidak menjadi persoalan.

kamis Tgl  04-07-2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *