Hilal dan Amal

“Siapa yang Allah berikan petunjuk kepadanya, maka tidak ada yang mampu menyesatkannya. Namun siapa yang Allah sesatkan setelah Allah beri kita akal untuk bisa membedakan mana yang benar mana yang salah, setelah Allah beri kita hati nurani mana yang baik mana yang buruk,  bahkan setelah Allah sempurnakan nikmatnya dengan menurunkan Al-Qur’an sebagai pembeda yang sempurna antara yang hak dan yang batil.”

HILAL

Bisa dilihatnya Hilal itu dengan dasar Hadits Nabi Bukhori Muslim : “Janganlah kamu berpusa hingga kamu melihat Hilal dan janganlah kamu berbuka (masuk 1syawal) hingga kamu melihat Hilal. Apa bila pandanganmu terhalang oleh sesuatu, maka lakukanlah hitungan dengan mempersepit jarak kesalahan.”

Sederhananya mengetahui datangnya bulan menunggu pantulan sinar matahari memancar ke bulan hingga terbentuk Hilal.

AMAL

Amalan itu dibalas sesuai dengan niatnya. Jika niatnya karena Allah, maka akan dibalas pahala dari Allah. Jika niatnya bukan karena Allah, maka tidak akan dibalas pahala dari Allah. Yang diinginkan Allah dan RasulNya melakukan suatu ibadah murni karena Allah. Jadi landasanya karena iman. Memperbaiki hubungan dengan Allah dijaga maka akan mengetahui apa yang diinginkan Allah.

Witir

Secara bahasa berarti ganjil, dan sholat malam dilakukan dengan rakaat ganjil. Hadits Nabi “Jadikanlah akhir sholat malammu itu menjadi ganjil.”

Ulil Amri

Ulil Amri adalah orang yang diberi kepercayaan untuk mengurusi sesuatu. Ketaatan pada pemimpin bersyarat. Semakin taat dia kepada Allah dan Rasul semakin taat juga kita kepada pemimpin itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *