Bapak-bapak, Ibu-ibu jamaah trawih Rohimakumuallah marilah pertama-tama kita panjatkan puji syukur kehadirat ALLAH SWT atas limpahan rahmat,karunia, hidayah, dan nikmatnya kepada kita semua sehingga malam ini kita dapat berkumpul di beri kesempatan oleh ALLAH SWT bisa melaksanakan sholat isya’ berjamaah dan insyaallah di lanjutkan dengan sholat tarawih bersama.

Kita semua diberi kenikmatan bisa mengikuti bulan puasa kembali yang penuh pengampunan, hidayah, dan barokah.

Di dalam jiwa manusia itu, ada jiwa jasmani, rohani, dan spiritual. Kesehatan itu mahal harganya.
Allah memberikan kenikmatan untuk manusia bisa menghirup oksigen dengan gratis, tapi sayang rasanya, jika manusia tidak bisa memaksimalkan  kenikmatan yang di berikan oleh ALLAH SWT.

Tiga hal yang sangat penting yang perlu kita amati:

  1. Kontrak langsung manusia dengan Tuhannya. Maksudnya puasa diketahui oleh yang berpuasa dan Allah yang tahu. Artinya puasa itu mendidik kejujuran yang hakiki, jujur yang betul takut pada Allah. Itulah kejujuran didikan bulan puasa ini.
  2. Bulan puasa adalah bulan Tarkiyah (Bulan pendidikan)

Tetapi bukan sekedar pendidikan. Disini dimaksudkan pendidikan rohani, spiritual.

    weberik casinos

  1. Puasa mendidik kita untuk sabar, peduli orang lain, tidak marah, pemaaf itu sangat penting

Kita ini memiliki 3 masalah besar yang tercantum di 3 hal terpenting tadi. Kalau kita bisa mengatasi masalah ini, insya Allah bangsa kita ini, bisa menjadi yang makmur, serba enak. Kalau tidak berhasil mengembangkan hal itu, berarti negara kita akan menjadi negara felmisen/ gagal (negara dari tahun ke tahun semakin miskin).

Oleh karena itulah, saya ingin mengangkat 3 hal ini.

  1. Kejujuran
  2. Pendidikan rohani spiritual
  3. Kesabaran dan kebersamaan

Di dalam surat AL-BAQOROH yang artinya sungguh  manusia itu di ciptakan banyak kegelisahan.

Semoga kita di dalam bulan puasa ini semoga di beri magfiroh oleh ALLAH SWT, dan di kasih petunjuk yang bagus-bagus sehingga kita jalan tetap di jalan ALLAH SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *