SONGSONG RAMADHAN

Ramadhan telah diambang pintu. Kita telah berada di bulan Sya’ban, bulan yang menjadi bulan ibadah istimewa untuk Rosulullah selain bulan Ramadhan.

“Dan merupakan bulan yang di dalamnya diangkat semua amalnya kepada Robbul ’Alamin. Dan saya suka diangkat amalan sedangkan saya dalam keadaan puasa”(HR.Imam Nasal).

Setiap waktu yang kita lewati masing-masing mempunyai kelebihan dan keutamaan yang berbeda, maka kita harus bisa memperlakukannya secara proposional dan cerdas. Termasuk dalam menyiapkan kedatangan bulan suci Ramadhan yang mempunyai banyak keutamaan.

Ada beberapa hal yang harus kita persiapkan agar kita mampu untuk mengisi bulan yang penuh berkah ini dengan kegiatan yang menambah bobot umur kita menghadap Allah swt.

1.Persiapan Pribadi

Persiapan ini akan mempengaruhi baik tidaknya kita mengisi amaliah Ramadhan.

a.Persiapan Ruhi

Persiapan yang paling utama karena kekuatan ruh inilahyang akan menjadi motor penggerak segala bentuk ibadah kita sebelum,ketika,dan pasca Ramadhan. Rosulullah melakukan persiapan ini dengan puasa Sya’ban

b.Persiapan secara Fikri

Dalam melaksanakan setiap ibadah kita harus mengerti Ilmunya agar ibadah yang kita lakukan dapat sesuai dengan aturan Allah swt dan dicontohkan oleh Rosul-Nya.

c,Persiapan secara Jasadi

Tanpa badan yang sehat kita tidak akan mapu melaksanakan ibadah secara maksimal

Rosul Bersabda”Seorang mu’min yang kuat lebih baik dan lebih dicintai daripada mu’min yang dhoif dan didalam keduanya ada kebaikan”

Hadits diatas mendorong kita untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

d.Persiapan secara akhlaq

“Beberapa banyak orang berpuasa namun mereka tidak mendapatkan dari puasa mereka kecuali lapar dan haus”.(HR.Thabrani,Ahmad dan Baihaqi)

Akhlaq atau sikap yang harus kita jaga:

a.Menjaga penglihatan dari objek yang tidak baik

b.Menjaga lisan dari perkataan yang bathil dan tidak bermanfaat

c.Menjaga pendengaran dari hal-hal yang bathil

d.Tidak memperbanyak mengkonsumsi makanan ketika berbuka

e.Persiapan secara materi

Dari kitab Sholihin Ibnu ‘Abbas ra berkata

“Rosulullah saw adalah manusia yang paling dermawan, dan beliau semakin dermawan pada bulan Ramadhan ketika berjumpa dengan Jibril untuk bertadarus Al-Qur’an, kedermawanan Rosulullah ketika itu bagaikan angina yang berhembus”

2.Persiapan dari sisi Lingkungan

Lingkungan mempunyai peranan yang sangat penting dalam mendukung proses pelaksanaan ibadah di Bulan Ramadhan

a.Rumah

b.Tetangga

c.Tempat Ibadah(Masjid/Musholla)

d.Tempat kerja dan pasar

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *