Maksura, Mihrab, Mimbar Khutbah

Di dalam ruangan utama Masjid Gedhe hanya ada tiga benda yang dihiasi warna yaitu dengan warna emas, dan  selain ketiga benda tersebut maka seluruh benda di dalam ruang utama tidak diwarnai sehingga hanya ada warna alami kayu  yang digunakan.

Ketiga benda tersebut adalah Maksura, Mihrab dan Mimbar Khutbah.

Maksura

Maksura adalah tempat khusus untuk Sri Sultan ketika  menunaikan sholat di Masjid Gedhe.

Maksura adalah salah satu bangunan yang terdapat di ruang utama Masjid Gedhe yang terletak di sebelah selatan / kiri Mihrab, yang terbuat da
Lantai yang lebih tinggi ini mengandung arti bahwa seorang sultan punya kedudukan yang lebih tinggi dari pada masyarakat pada umumnya, karena beliau adalah seorang pemimpin bagi rakyatnya.ri kayu jati berukuran 270 x 220 x 210 dengan lantai setingi 20 cm lebih tinggi dari pada lantai ruangan utama.

Pada sebelah kiri di sisi luar Maksura terdapat tempat tombak berjumlah 3 buah, yang berfungsi untuk meletakkan tombak para pengawal Sri Sultan.

Maksura dihiasi dengan ukiran berbentuk wajikan, putri mirong yang berisi kaligrafi Allah dan Muhammad yang diprada/dilapis dengan emas.

Mihrab

Mihrab adalah tempat khusus untuk berdiri Imam saat sholat jamaah. Dengan lebar sekitar 2  x 3,5 m pada lengkung mihrab dihiasi dengan kaligrafi dari Surah Ali Imran ayat 39

“لْمِحْرَابِ فِي يُصَلِّي قَائِمٌ وَهُوَ الْمَلآئِكَةُ فَنَادَتْهُ”  (Kemudian Malaikat Jibril memanggilnya (Zakariya), sedang ia tengah berdiri sholat di dalam mihrab), serta kaligrafi berisi nama-nama Zakariya dan Yahya (Nabi), serta sahabat-sahabat Nabi Muhammad yaitu Hamzah, dan Abas (sahabat Nabi) serta Fatimah, Hasan dan Husein (keturunan Nabi)

Disamping kanan dan kiri Mihrab terdapat hiasan berupa kaligrafi yang dipahat di dinding berbentuk lengkungan seperti Mihrab.

Pada sebelah kanan Mihrab berisi tulisan

قال النَّبِيُّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَشُكَ اِلَى الْمَسْجِدِ وَاِنْصِرَفُكَ اِلَى اَهْلِكَ فِى الْاَجْرِسَوَاءٌ “(محمد)” اِنَّ لَكُمْ فِى كُلِّ جُمُعَةٍ حِجَّةً وَعُمْرَةًفَالْحِجَّةُاَلْهَجْرَةُاِلَى الْجُمُعَةِ وَالْعُمْرَةُاِنْتِظَارُالْعَصْرِبَعْدَالْجُمُعَةِ

Bersabda Nabi saw : Perjalananmu ke Masjid dengan mengesampingkan urusan keluarga adalah sama pahalanya. Sesungguhnya bagi kamu dalam setiap Jum’at adalah haji dan umrah. Adapun haji itu adalah perpindahan dari Jum’at yang satu ke Jum’at yang lain (berikutnya), dan umrah itu adalah menunggu ‘asyar menunaikan shalat waktu setelah Jum’at.

Pada sebelah kiri mihrab berisi tulisan :

مَنْ غَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَغْتَسَلَ ثُمَّ بَكَرَوَبْتَكَرَوَمَشَى وَلَمْ يَرْكَبْ وَدَنَا مِنَ الْاِمَامِ (ابوبكر,عمر,محمد,على,عثمان) وَاسْتَمَعَ وَلَمْ يَلْغَ كَانَ لَهُ بِكُلِّ خُطْوَةٍ عَمَلُ سَنَةٍ اَجْرُصِيَامِهِ وَقِيَامِهَ

Barang siapa dalam keadaan suci pada hari Jum’at dan mandi, kemudian bersegera mempersiapkan diri dan berangkat tidak mengendarai tunggangan (kendaraan), dan dekat dengan imam, kemudian mendengarkan serta tidak bercakap-cakap adalah baginya setiap langkah kaki yang dikerjakannya mendapatkan pahala sama dengan puasa dan shalat selama satu tahun.

Mimbar Khutbah

Pada sebelah kanan mihrab terdapat mimbar khutbah yang terbuat dari kayu jati dengan tangga sebanyak tiga buah.

Pada mimbar yang letaknya lebih tinggi dari pada Maksura mengandung makna bahwa saat berada di Masjid maka kedudukan yang tertinggi adalah Imam, karena saat itu Imamlah yang menjadi pemimpin di sana dan Imam berhak memberi pelajaran kepada Raja dan Jamaah.

Mimbar ini dihiasi dengan ukiran motif lung-lungan yang dilapis dengan emas.

 

sumber terjemahan kaligrafi :

M. Chawari dalam srkipsi berjudul “PASANG SURUT MASA PERKEMBANGAN PEMBANGUNAN MASJID BESAR KAUMAN YOGYAKARTA”  Studi Berdasarkan Sumber Prasasti Tahun 1989

 

 

 

One thought on “Maksura, Mihrab, Mimbar Khutbah

  1. Muhammad Meki

    Mihrab dan Mimbar Masjid menjadi salah satu bangunan yang wajib ada di bagian dalam masjid. Aneka Mimbar dan Mihrab masjid bisa custom sesuai keingginan bisa pesan di tempat kita pak. Terima kasih dan sukses untuk masjid gedhe. Amin.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *