sakawisata ad        Kauman adalah salah satu tujuan kampung wisata yang ada di Jogjakarta, tentu selain kawasan malioboro,taman pintar,taman sari,dan tentunya benteng Vedebrug. Kauman memiliki potensi untuk menjadi sebuah kampong wisata religi dengan masjid Gedhe Kauman menjadi icon utama dan daya tarik wisata yang kuat. Jenis perkampungan yang ada dikauman memiliki ciri khas yaitu susunan antar rumah masyarakat yang sangat rapat sehingga membentuk gang-gang yang kecil sehingga kita harus masuk ke gang-gang tersebut untuk menjamah sebuah rumah atau heritage yang memiliki sejarah di Kauman tersebut.

weberik

Blusukan memiliki arti yaitu sengaja menyesatkan diri untuk mengetahui sesuatu. Kemudian apa hubungan Kauman dengan Bluskan? Yaitu kauman merupakan asset sejarah nasional namun jarang sekali terjamah serta terekspose dan kebanyakan wisatawan pergi ke jogja yang pertama pengen dikunjungi adalah kawasan malioboro sehingga jarang sekali terfikir untuk wisata untuk bluksan di kampong religi yaitu kauman.

Saka wisata adalah lembaga resmi yang berusaha mengangkat serta mensyiarkan yang dimiliki oleh kampung Kauman kemudian Saka wisata bertugas untuk menyediakan fasilitas untuk wisatawan berupa guiding serta pemandu wisata untuk blusukan dikampung kauman melihat beberapa tempat atau heritage yang memiliki sejarah nasional yang jarang orang tahu dengan sejarah tersebut. Saka wisata juga berusaha menunjukkan keunikan yang ada dikampung kauman.  Keunikan yang ditawarkan adalah Keberadaan Masjid Gedhe Kauman Itu sendiri mulai Filosofi yang ada dimasjid itu sendiri, ornament, fungsi masjid dan semua yang berhubungan dengan masjid.

Untuk lebih jauh mengetahui detail mengenaik keunikan di Masjid Gedhe Kauman silahkan Kunjungi Blog di alamat berikut http://kembanggabus.wordpress.com/kembang-gabus/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *