Pesan dari Imam Masjidil Haram Syeikh Abdul Aziz Bandar Baleela

Hari ini (18 Mei 2017) yang bertepatan dengan hari ke-2 ramadan, para jamaah shalat Jumat berkesempatan untuk mendengarkan khutbah secara langsung dari Imam Masjidil Haram Syeikh Abdul Aziz Bandar Baleela. Beliau adalah salah satu putra Imam Besar Masjidil Haram, Imam Syeikh Bandar Baleela.

 

Dalam khutbah beliau, terdapat pesan istimewa yang disampaikan karena saat ini kita semua berada di bulan ramadan, bulan mulia yang menjadi moment terbesar untuk bertaubat. Walaupun kita pernah terjerumus, berbuat dosa,  kesalahan, dan khilaf, maka ikutilah kesalahan ataupun dosa tersebut dengan ibadah dan kebaikan-kebaikan yang akan menghapus dosa maupun kesalahan.

Selain menjalankan ibadah lahiriah seperti shalat, puasa, zakat, dan haji, semua umat muslim juga harus menjalankan syariah Islam lainnya, seperti keimanan atau akidah dengan membersihkan hati maupun pikiran kita dari penyakit hati. Karena tujuan hakiki berpuasa yaitu memperbaiki diri kita, memperbaiki akhlak kita sebagaimana yang dicontohkan oleh baginda Rasulullah. Beliau tetap berbuat baik dan tersenyum walaupun ada yang tidak suka, menyakiti beliau, bahkan menghalangi jalan dakwah Nabi.

Sebaik-baik  kalian, sebaik-baik kalian adalah yang memiliki akhlak yang baik. Banyak yang masuk Surga karena mereka adalah orang yang bertakwa dan memiliki akhlak yang baik. Sedangkan banyak yang mengisi Neraka karena mereka adalah orang yang tidak patuh pada Allah dan mempunyai akhlak yang buruk terhadap sesama.

Oleh karena itu, kita senantiasa bertakwa, menjaga ucapan dan menjaga kalimat-kalimat yang keluar dari lisan kita dengan sebaik-baik kalimat yang keluar dari lisan kita serta memperbaiki muamalah terhadap orangtua, tetangga, sahabat, bahkan orang yang belum kita kenal.

Disusun oleh: Nana Yuliana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *